Halaman

Selasa, 19 November 2013

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI



Pengantar Teknologi Informasi
" Pertemuan 2 "
" Perangkat Keras Komputer "
Komponen Hardware
Central Processing Unit (CPU)
Media Penyimpanan (Storage)
Peralatan Input (Input Device)
Peralatan Output (Output Device)
Peralatan Komunikasi (Communication Device)
Diagram Komputer
Central Processing Unit (CPU)
CPU = Tempat pemrosesan instruksi-instruksi program
Komponen Utama CPU :
CU   (Control Unit)
Mengatur & mengendalikan alat I/O
Mengambil instruksi dari main memory
Mengambil data dari main memory jika diperlukan oleh proses
Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan arithmatika/perbandingan logika serta mengawasi kerja ALU
Menyimpan hasil proses ke main memory
ALU (Arithmatic Logic Unit)
Melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai instruksi program
Melakukan pengambilan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program
Register
Merupakan penyimpanan kecil yang memiliki kecepatan tinggi ( 5 sampai 10 kali  kecepatan main memory )
Digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU ( instruksi lain yang menunggu giliran disimpan di main memory )
    1. Instruction Register ( IR ) atau Program Register yang digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses
    2. Program Counter ( PC ) atau Control Counter / Instruction Counter adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat ( address ) lokasi dari main memory yang berisi instruksi yang sedang diproses.
Register yang berhubungan dengan data yang sedang diproses disebut General Purpose Register yang memiliki kegunaan sebagai Operand Register ( untuk menampung data atau operand yang sedang diolah ) & sebagai Accumulator ( untuk menyimpan hasil dari operasi aritmatika dan logika yang dilakukan ALU ).
Register
Main Memory
Ukuran dari Main Memory ditunjukkan oleh satuan terkecilnya yakni Byte
Kilo Byte         (KB)    = 1024 Byte
Mega Byte (MB)          = 1024 KB
Giga Byte         (GB)    = 1024 MB
Terra Byte        (TB)     = 1024 GB
1 Byte memory terdiri dari 8 Bit ( Binary Digit ), dimana setiap digit diwakili oleh digit 1 atau 0,   sehingga membentuk kode pada lokasi memory ( address )
Sistem pengkodeannya dapat berbentuk BCD, SBCDIC, EBCDIC, atau kode ASCII
Media Penyimpanan (storage)
Primary Storage
ROM (Read Only Memory)
PROM
Programmable Read Only Memory
EPROM
Erasable PROM
with UV
EEPROM
Electrict EPROM
Flash Memory
Mirip dengan EEPROM, Perbedaan yang mendasar adalah jika EEPROM baca dan tulis data dilakukan sebesar 1 byte, pada Flash memory dilakukan sebesar 1 block
Media Penyimpanan (storage)
Primary Storage
RAM (Random Access Memory)
SRAM (Static RAM)
Perbedaannya dengan DRAM adalah data yang disimpan dalam SRAM bersifat static, sehingga selama teraliri power listrik, maka data akan tetap utuh, berbeda dengan DRAM yang secara periodik harus di refresh. Selain itu SRAM digunakan untuk Chace Memory (baik itu didalam maupun diluar chip), sedangkan DRAM digunakan untuk Main Memory, sehingga kecepatan SRAM lebih cepat dari DRAM. Static RAM biasanya digunakan pada Cache Memory & Cache Buffer. Static RAM berharga mahal karena bekerja super-cepat dalam mentransfer data.
SRAM didesain menggunakan transistor tanpa kapasitor. Tidak adanya kapasitor membuat tidak ada daya yang bocor sehingga SRAM tidak membutuhkan refresh periodik.
DRAM (Dynamic RAM)
RAM yang dinamis adalah satu variasi integrated circuit (chip) yang digunakan pada RAM. DRAM (Dynamic RAM) yaitu salah satu tipe RAM yang menyimpan setiap bit data dalam sebuah Capasitor terpisah dalam sebuah IC (Integrated Circuit). Ketika Capasitor jarang di charge, maka dimungkinkan data yang ada pada Capasitor hilang, sehingga Capasitor harus dicharge (refresh) secara periodik.
Keuntungan dari DRAM adalah kesederhanaan struktural yang hanya satu transistor dan kapasitor yang diperlukan per bit. Hal ini memungkinkan DRAM untuk mencapai kepadatan sangat tinggi.
Ref. Static & Dynamic RAM
Dynamic RAM (DRAM)
RAM yang dinamis adalah satu variasi integrated circuit (chip) yang digunakan pada RAM. DRAM (Dynamic RAM) yaitu salah satu tipe RAM yang menyimpan setiap bit data dalam sebuah Capasitor terpisah dalam sebuah IC (Integrated Circuit). Ketika Capasitor รข€“ Capasitor jarang di charge, maka dimungkinkan data yang ada pada Capasitor hilang, sehingga Capasitor harus dicharge (refresh) secara periodik. DRAM sangat berlawanan dengan SRAM (Static RAM) dan static memori lainnya. Keuntungan SRAM adalah struktur nya yang sederhana. Hanya satu Transistor dan satu Capasitor yang diperlukan per bit. Sehingga dibandingkan dengan SRAM, DRAM lebih padat. Karena DRAM akan kehilangan data ketika power listrik dimatikan maka DRAM termasuk Volatile Memory.Dynamic RAM hanya dapat menyimpan data apabila ada tenaga (power) yang diberikan padanya (refresh). Apabila tenaganya hilang, maka data yang dismpan juga akan hilang dengan sendirinya. Untuk itu dibutuhkan suplai tenaga terus-menerus agar RAM bekerja sebagaimana mestinya. Hal inilah yang disebut sebagai istilah Volatile.
Prinsip kerja DRAM biasanya diatur dalam persegi array satu kapasitor dan transistor per sel. Panjang garis yang menghubungkan setiap baris dikenal sebagai “baris kata”. Setiap kolom sedikitnya terdiri dari dua baris, masing-masing terhubung ke setiap penyimpanan sel di kolom. Mereka biasanya dikenal sebagai + dan – bit baris.
Keuntungan dari DRAM adalah kesederhanaan struktural yang hanya satu transistor dan kapasitor yang diperlukan per bit. Hal ini memungkinkan DRAM untuk mencapai kepadatan sangat tinggi. Tidak seperti flash memori, memori DRAM itu mudah menguap karena kehilangan datanya bila kehilangan aliran listrik. Jenis memori yang tidak perlu penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan dengan baik. Jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada SRAM.
Static RAM (SRAM)
Lawan dari Dynamic RAM adalah Static RAM (SRAM). SRAM (Static RAM), sama halnya dengan DRAM atalah salah satu tipe dari RAM. Perbedaannya dengan DRAM adalah data yang disimpan dalam SRAM bersifat static, sehingga selama teraliri power listrik, maka data akan tetap utuh, berbeda dengan DRAM yang secara periodik harus di refreshq. Selain itu SRAM digunakan untuk Chace Memory (baikitu didalam maupun diluar chip), sedangkan DRAM digunakan untuk Main Memory, sehingga kecepatan SRAM lebih cepat dari DRAM. Static RAM biasanya digunakan pada Cache Memory & Cache Buffer. Static RAM berharga mahal karena bekerja super-cepat dalam mentransfer data.
SRAM didesain menggunakan transistor tanpa kapasitor. Tidak adanya kapasitor membuat tidak ada daya yang bocor sehingga SRAM tidak membutuhkan refresh periodik. SRAM juga didesain menggunakan desain kluster enam transistor untuk menyimpan setiap bit informasi. SRAM tidak boleh dibingungkan dengan memori baca saja dan memori flash, karena ia merupakan memori volatil dan memegang data hanya bila listrik terus diberikan. Chip SRAM lazimnya digunakan sebagai chace memori , hal ini terutama dikarenakan kecepatannya. Saat ini SRAM dapat diperoleh dengan waktu akses dua nano detik atau kurang , kira kira mampu mengimbangi kecepatan processor 500 MHz atau lebih.
Media Penyimpanan (storage)
Primary Storage
DRAM chip (Integrated Circuit or IC)
Dual in-line Package (DIP)
DRAM (memory) modules
Single In-line Pin Package (SIPP)
Single In-line Memory Module (SIMM)
Dual In-line Memory Module (DIMM)
Rambus In-line Memory Module (RIMM), teknisnya DIMMs tetapi disebut RIMMs karena keeksklusifan slot.
Small outline DIMM (SO-DIMM), sekitar setengah ukuran DIMMs biasa, sebagian besar digunakan dalam notebook,komputer ukuran kecil (seperti mini-ITX Motherboard), printer dan perangkat keras jaringan seperti router. Datang dalam versi:
72 pins (32-bit)
144 pins (64-bit) yang digunakan untuk PC100/PC133 SDRAM
200 pins (72-bit) yang digunakan untuk DDR and DDR2
204 pin (72-bit) yang digunakan untuk DDR3
Small outline RIMM (SO-RIMM).Versi yang lebih kecil RIMM, yang digunakan pada laptop. Teknis SO-DIMMs tetapi disebut-SO RIMMs karena keeksklusifan slot
Macam-macam Modul DRAM
Modul DRAM secara umum :
    DIP 16-pin (DRAM chip, biasanya pra-FPRAM)
    SIPP (biasanya FPRAM)
    SIMM 30-pin (biasanya FPRAM)
    SIMM 72-pin (sering EDO RAM, FPM tidak biasa)
    DIMM 168-pin (SDRAM)
    DIMM 184-pin (DDR SDRAM)
    RIMM 184-pin (RDRAM)
    DIMM 240-pin (DDR2 SDRAM/DDR3 SDRAM)
Media Penyimpanan (storage)
Primary Storage
Media Penyimpanan (storage)
Secondary Storage
Magnetic Storage
Magnetic Tape
Magnetic Disk
Hardisk
Floppy Disk
Optical Storage
Representasi data dalam memori : binary digit
Karakteristik Media Penyimpanan
Speed
Volatility
Access Methode
Serial Access
Random Access
Paralell Access
Portability
Capacity
Hirarki media penyimpanan memori
Berdasarkan karakteristiknya :
Perbandingan
Peralatan Input (Input Device)
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Keyboard
Pointing Device
Mouse
Trackpad
Trackball
Joystick
Optical Reading Device
Barcode Reader
Hand / finger print
Image Scanner
Peralatan Output (Output Device)
Peralatan yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi.
Visual Display
Monitor, Projector, OHP
Printer
Impact Printer
Thermal Printer
Non Impact Printer
Plotter
Computer Output Microfilm (COM)
Audio Response Unit (ARU)
Peralatan Komunikasi
Peralatan Komunikasi adalah segala alat yang berfungsi untuk memindahkan informasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Beberapa jenis peralatan komunikasi adalah sebagai berikut :
Telegraf
Telepon (Satelit, Selular)
Radio
Televisi
Faximile
Satelit
Modem
Ref. Comm Devices
a. Telegraf
Telegraf merupakan alat komunikasi jarak jauh yang terdiri dari dua bagian yaitu pengirim dan penerima. Alat pengirim biasanya berupa saklar tekan dan alat penerimanya disebut penerima Morse, karena pengiriman informasi dengan alat ini menggunakan Sandi MORSE.
b. Telepon
Telepon berfungsi untuk mengirim dan menerima informasi yang berbentuk Suara. Seperti halnya telegraf, pesawat telepon terdiri dari dua bagian yaitu pengirim dan penerima.
c. Radio
Pesawat radio merupakan pesawat penerima gelombang radio yang dipancarkan dari stasiun pemancar radio. Bila yang dipancarkan berita, maka yang akan didengar di radio juga berita. Informasi yang dipindahkan adalah Suara.
d. Televisi
Televisi adalah salah satu peralatan komunikasi penerima yang menerima sinyal-sinyal dari stasiun pemancar televisi. Alat ini dapat menerima informasi berbentuk suara dan gambar (audio visual)
e. Faximile
Faximile mempunyai kegunaan yang sama dengan telepon, yakni menerima dan mengirim informasi. Namun mesin faximile tidak mengirim suara, melainkan mengirim data dan informasi dalam bentuk teks atau gambar.
f. Satelit
Satelit adalah alat komunikasi yang di letakan di luar angkasa. Satelit berputar mengelilingi orbit tertentu di atas bumi. Tugas satelit adalah menerima sinyal dari sebuah tempat di bumi dan mengirimkannya ke bagian lain di bumi.
g. Telepon selular (handphone)
Satelit dan Ponsel (Handphone) adalah alat komunikasi yang tidak dikirim dengan kabel, tapi menggunakan sistem wireless (tanpa kabel = nirkabel).
h. Modem
Modem adalah alat yang berfungsi mengubah sinyal analog dari dari kabel telepon menjadi sinyal digital. Sinyal analog harus diubah menjadi sinyal digital, karena komputer hanya dapat membaca sinyal digital.
:: Selesai ::

Next : Perkembangan Perangkat Lunak

http://ayyasibontot.blogspot.com/search/label/PTI

link dowload :
http://www.4shared.com/office/opG3COMj/p2_online.html

1 komentar:

  1. mantap yaya trima kasih sudah mau berbagi.. kunjungi juga blog ku ya.. camfrogercirebon.blogspot.com

    BalasHapus